Rabu, 06 April 2016

MENENGOK KEBERADAAN TELECENTER ' PALAPA ' SEBAGAI SALAH SATU LEMBAGA LAYANAN INFORMASI PUBLIK




Barangkali bagi orang awam atau mayarakat umumnya banyak yang belum paham tentang apa dan bagaimana Telecenter PALAPA itu. Istilah itu masih terasa asing ditelinga masyarakat umum, tetapi bagi yang sudah "melek" informasi dan mengenal teknologi informasi hal itu menjadi tidak asing lagi.
Telecenter PALAPA adalah salah satu lembaga layanan publik yang dimliki oleh Pemerintah Kota Mojokerto Cq. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) yang diperuntukkan bagi masyarakat umumnya. khususnya masyarakat Kota Mojokerto, walaupun cukup disayangkan lokasi markas telecenter ini  jauh dipinggiran kota, didalam kompleks terminal KERTAJAYA yang lal;u lintasnya amat ramai dan padat,  bahkan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Mojokerto. Kemudian dinamakan PALAPA konon hal itu terkait dengan Mojokerto dalam kaitan sejarah Kerajaan Mojopahit dengan sumpah Mahapatih Gajahmada dengan sumpahnya yang terkenal Sumpah Amukti Palapa.

Sebagai illustrasi dan laporan, bahwa  Wartawan Kim Gayatri telah mewawancarai pengelola yang dijumpai pada saat jam layanan pada hari senin siang kemarin. Samsul Huda, SE selaku manajer didampingi Luluk Suhermin selaku Sekretaris menjelaskan bahwa Telecenter adalah pusat teknologi informasi yang dirancang khusus untuk mengakses informasi, berkomunikasi dan memperoleh layanan informasi dengan menggunakan sarana teknologi informasi dan komunikasi berupa komputer dan internet. Dari informasi teknologi tersebut kita dapat melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan ketrampilan IT secara gratis.
Berdasarkan visi dab misi telecenter, maka tujuan pelayanan kepada masyarakat tersebut adalah :
1. Sebagai mitra Pemerintah Kota Mojokerto dalam menyebar luaskan informasi pembangunan kepada masyarakat secara timbal balik.
2. Sebagai mediator dan fasilitator komunikasi dan informasi Pemerintah Kota Mojokerto kepada masyarakat secara berkesinambungan.
3. Sebagai penerima sekaligus penyebar informasi yang berinteraksi sesama masyarakat guna meningkatkan kesejahteraannya.
Berbicara mengenai pengunjung yang memanfaatkan telecenter, Samsul yang masih didampingi Luluk menjelaskan bahwa masyarkat cukup banyak yang mengunjungi dan antusias sekali baik browsing, pengetikan, penulisan blogger dan layanan internet yang lain dan rata rata pengunjung tidaK 10 hingga 15 orang perhari, baik masyarakat umum, pelajar, karyawan  bahkan dari wilayah Kabupaten Mojokerto juga banyak yang memanfaatkan karena memang lokasinya berdekatan dengan  Jabon dan Puri wilayah Kabupaten Mojokerto. Sedangkan fasilitas yang dimiliki cukup representatif yakni kantor untuk layanan  5 x 6 meter,  perangkat komputer ada 8 dilengkapi dengan fasilitas speedy 10 Mbs dan dilengkapi wifi. Semuanya dilayani dengan gratis. Sementara untuk pelayanan harian dilakukan oleh 3 orang karyawan yang kesemuanya gaji karyawan  dan beaya rutin dan operasional ditanggung oleh Pemerintah Kota Mojokerto Cq> Dishubkominfo. (Bdm)

Romeltea Media
Kim Gayatri Mojokerto Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Posting Komentar

 
back to top