Senin, 27 Maret 2017

MENENGOK TPA RANDEGAN DENGAN WAJAH BARU Sarana Wisata Edukasi dan Lingkungan

TPA RANDEGAN adalah Tempat Pembuagan Akhir Sampah atau dengan kata lain muara akhir dari pembuangan sampah  di Kota Mojokerto yang berlokasi di Lingkungan Randegan, Sekarputih Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari Kota Mojokerto. Ketika kita mendengan kata " tempat sampah " maka asosiasi kita dan langsung terbayang  bahwa suatu tempat yang kotor, kumuh, bau dan tidak nyaman. Tentu asosiasi kita seperti itu. Namun kenyataan apa yang terjadi tidaklah seperti itu.Dulu  kira kira 1 tahun yang lalu ya tetapi sekarang tidak lagi.


TPA RANDEGAN, yang luasnya kurang lebih 2,6 Ha oleh pengelolanya dalam hal ini adalah kewenangan dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Mojokerto telah disulap menjadi sarana wisata Edukasi Lingkungan bagi masyarakat, tanpa mengurangi fungsi aslinya yaitu penampungan dan pengelolaan sampah.

Sistem yang digunakan untuk pengolahan sampah di TPA Randegan ini dengan menggunakan  Sistem Control Landfill, yaitu sampah di gelar kemudian ditimbun tanah beberapa lapis  dengan interval waktu 1 - 2 bulan disesuaikan dengan kondisi lapangan

SARANA PRASARANA YANG DIMILIKI
1. Kantor Operasional dengan fasilitas administrasi dan perkantoran
2. Garasi alat alat berat
3. Tempat fasilitas Cuci kendaraan truk dll
4. Tempat/zona pasif (yang dimanfaatkan untuk tempat bermain, rumah baca/perpustakaan, penelitian dan observasi
5. Rumah kompos (pembuatan pupuk kompos)
6. Pengolahan biogas (yaitu penanganan gas methane yang diolah menjadi  bahan bakar yang disalurkan ke penduduk sekitar TPA.
(Bersambung/Bdm)
2.

Romeltea Media
Kim Gayatri Mojokerto Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Posting Komentar

 
back to top